E-Employment: Jobstreet.co.id

Analisa web E-Employment

Pada tugas Pengantar Bisnis Informatika pertemuan kedua ini, kita akan mencoba menganalisa salah satu  website perusahaan yang mendukung perekonomian nasional, yaitu situs website JobStreet merupakan salah satu contoh situs website yang berbasis E – Employment.

E-Employment merupakan situs web yang merupakan tempat atau wadah untuk berbagi lowongan pekerjaan, dengan begitu masyarakat yang sedang mencari pekerjaan bisa mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan apa saja yang dibutuhkan.

E-Employment seperti situs JobStreet  ikut mendukung tergeraknya perekonomian nasional karena turut meningkatkan kehidupan masyarakat dengan membantu mereka dalam mencari pekerjaan dan mengarahkan masyarakat untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian di bidang mereka masing-masing.

JobStreet adalalah salah satu perusahaan penyedia informasi lowongan pekerjaan terkemuka di Asia. Berperan sebagai fasilitator pencocokan dan komunikasi lapangan kerja antara pencari kerja dan perusahaan, di Malaysia, Filipina, Singapura, Indonesia dan Vietnam.

Didirikan di Malaysia pada tahun 1997, JobStreet.com saat ini memiliki 800 tim yang handal juga berbakat, dan tumbuh begitu kuat disetiap negara dimana kami beroperasi.

Pada November 2014, JobStreet telah menjadi bagian dari Bursa Efek Australia dan terdaftar sebagai SEEK Limited – perusahaan penyedia informasi lowongan pekerjaan terbesar didunia dengan kapitalisasi pasar. Sebagai bagian dari keluarga SEEK, JobStreet menggunakan produk kelas dunia untuk mempertemukan para pencari kerja dengan perusahaan terkemuka diseluruh wilayah.

Pada halaman awal website terdapat menu memilih Negara, memilih bahas, Masuk, dan Mendaftar

gambar1

Jika sudah masuk akan tampil ke halaman selanjutnya yang terdapat menu beranda, cari lowongan, My Jobstreet, dan lainnya. Pada menu lainnya terdapat informasi lowongan dalam negeri dan luar negeri .

gambar2

Pada kolom “Pilih Kriteria” terdapa beberapa menu yang berfungsi untuk memilih judul posisi atau kata kunci, memilih lokasi pekerjaan, dan spesialisasi pekerjaan

Capture

Berikutnya adalah menu “Telusuri Lowongan” yang berfungsi untuk mencari secara spesifik spesialisasi, tingkat jabatan, lokasi, nama perusahaan, dan lain-lain.

Capture2

Kelebihan JobStreet

  1. JobStreet menjalankan platform dengan fungsi-fungsi yang memfasilitasikan hubungan antara Pencari Kerja dan Perekrut dan Agen Tenaga Kerja.
  2. Memiliki Peta Situs sebagai area bagi para pencari kerja.
  3. Situs web JobStreet dapat diakses ke dalam dwibahasa, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
  4. Tampilan websitenya simple namun tetap menarik.
  5. Website JobStreet juga memiliki account  di jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter dan dapat terhubung langsung ke account
  6. JobStreet menjamin perlindungan kerahasiaan semua data pribadi.
  7. Pencari Kerja dapat mendaftarkan profil pada situs web JobStreet dan dapat menentukan data pribadi apa yang ingin dimasukkan pada profil.
  8. JobStreet menerapkan tindakan keamanan dan organisasi untuk melindungi data yang dikelola dengan teknologi terbaru terhadap manipulasi yang disengaja atau tidak disengaja, hilangnya, rusaknya atau akses yang tidak sah.
  9. JobStreet menawarkan berbagai produk dan jasa berbayar kepada Kliennya. Tergantung dari jenis tawaran, JobStreet menawarkan pilihan untuk membayar melalui tagihan, kartu kredit atau Kartu Pos.
  10. Layanan pada situs web JobStreet secara umum dapat digunakan tanpa menerima cookies.
  11. Situs JobStreet ini memiliki berkas log terkait saat kita mengakses situs web tersebut.

Hal ini secara khusus terkait dengan:
– Alamat IP
– Tanggal dan waktu akses
– Nama berkas yang dilihat
– Status akses (OK, isi tampil sebagian, dokumen tidak digunakan, dll.)
– Halaman dimana akses dilakukan
– Domain Tingkat Atas (*.com ,*.co.id etc.)
– Browser web yang digunakan

 

Kekurangan JobStreet

  1. Masih dalam lingkup terbatas, menyediakan bursa lowongan kerja online hanya di wilayah Jakarta.
  2. Belum dapat diakses dalam multi language.
  3. JobStreet tidak dapat menjamin bahwa pemberian layanannya akan tersedia tanpa gangguan dan bebas dari kesalahan.
  4. JobStreet tidak bertanggung jawab atas gangguan dan/atau kesalahan teknis pada layanan dan dampaknya.

 

 

Leave a comment